5 Konsep Usaha Cafe Kekinian di Tahun 2024

usaha cafe kekinian


Konsep Usaha Cafe Kekinian - Cafe semakin menjamur di Indonesia, khususnya pada kota Manado yang sudah dikenal anak muda sebagai tempat nongki di akhir pekan. Banyak lahirnya kafe kafe baru dengan konsep yang beragam dari industrial, vintage, outdoor sampai  minimalis modern.


Sejauh yang saya tau, Black Cup adalah coffee shop modern pertama di Manado, tetapi jika mencari yang tertua di Manado, ada juga yang jauh lebih tua, namun dari konsep modern sepertinya pencetus pertama adalah Black Cup. Namun saya sendiri belum pernah ke Black Cup, karna saya rada pemilih dan belum mau nulis artikel untuk semua tempat nongki


Back to the topic, ada banyak konsep usaha cafe kekinian, namun saya merangkum menjadi 5 konsep yang bisa menginspirasi, bagi mereka yang pengen membangun usaha cafe.


Industrialis

konsep cafe industrialis
Gambar: suasana m coffee sario


Konsep industrialis umumnya mengandopsi dari desain ruangan kerja seperti adanya ruangan terbuka, furitur vintage, dan estetika seni seperti grafitti atau mural. Konsep ini salah satu yang diminati anak muda di Manado karna nyaman dan kekinian. Contoh kafe yang menerapkan konsep ini adalah M Coffee yang ada di Sario.


Vintage

konsep cafe vintage
Gambar: suasana vintage kedai sedjak


Konsep vintage biasanya menggabungkan furnitur dan dekorasi antik. Biasanya disertakan juga musik jadul. Kalau di Manado ada kedai bernama Kedai Sedjak, selain dekorasi mereka yang antik, Tempat itu sebelumnya milik Akong dari pemilik kedai. Tempat tersebut hampir berumur 100 tahun, jadi selain menerapkan konsep vintage ada nilai historis yang gak ada di tempat lain.


Outdoor

konsep outdoor
Gambar: suasana outdoor moffee


Menawarkan suasana alam sudah menjadi poin utama konsep outdoor. Kafe dengan konsep outdoor biasanya punya banyak macam menu cemilan dan minuman yang gak bosenin. Lokasinya biasanya sering dijadikan lokasi ngumpul atau tuan rumah event. Saya kenal satu kafe outdoor Bernama Moffee Coffee Store, lokasinya di area polimdo.


Minimalis Modern

konsep kafe minimalis modern
Gambar: suasana sana coffee flamboyan


Konsep minimalis modern mengutamakan dekorasi yang seminim mungkin dan sederhana. Biasanya desain nya bersih dengan warna yang agak terang atau pencahayaan yang cukup. Biasanya menu mereka terutama yang non-kopi mengandung bahan yang fresh. Dengan gabungan dekorasi seminim mungkin dan tempat yang positif, menambah suasana yang tenang dan nyaman. Salah satunya adalah Sana Coffee yang lokasinya ada di Flamboyan Manado.


Rooftop

Konsep kafe rooftop
Gambar: suasana kafe rooftop


Kafe yang menerapkan konsep rooftop, umumnya adalah kafe hotel yang ada di atap hotel atau Gedung. Mereka menawarkan suasana yang tenang, santai dan pemandangan yang indah, apalagi kalau malam tahun baru kan. Kafe seperti ini biasanya sangat tren untuk event, ngobrol yang agak privat, atau mencari tempat yang tenang. Kafe yang menerapkan konsep ini bernama Avons Cafe.


Sayangnya saya belum pernah bikin artikel untuk kafe rooftop, tapi saya kenal, satu kafe Bernama Avons Cafe yang ada di Avons Residence. 


Conclusion

Ya kira-kira itu 5 konsep kekinian yang bisa jadi ide usaha cafe. Setiap konsep mempunyai suasana nya dan pasar nya. Konsep-konsep ini bisa menginspirasi pengusaha yang ingin membuka usaha kafe baru, terutama bagi pengusaha yang ada di luar Manado. Masih banyak konsep-konsep cafe yang tidak bisa dibahas di  artikel ini, semoga artikel ini menginspirasi pengusaha yang ingin membangun usaha cafe kekinian.

LihatTutupKomentar