Apa itu Home Brewer?

home brewer adalah


Apa itu Home Brewer - Pernahkah kalian mendengar atau mengetahui tentang home brewer? sebagai penikmat kopi harusnya sudah gak asing dengan kata home brewer. Karena beberapa dari kita juga mungkin pernah menyeduh, meracik dan menikmati kopi di rumah.

 

Arti Home Brewer

Home brewer adalah seseorang yang menyeduh, menggiling, menikmati kopi di rumah daripada ke tempat ngopi. Biasanya para brewer ini sudah memiliki alat-alat seduhnya sendiri namun lebih memilih berkreasi dan meracik resepnya untuk dinikmati sendiri di rumah.


Kata 'home brewer' muncul setelah perkembangan manual brew mulai diminati banyak orang. Manual brew mudah dilakukan di manapun, seperti di rumah, kantor atau saat traveling. Tidak membutuhkan mesin kopi yang mahal, manual brew dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Untuk hasil seduhan home brewer, boleh diadu dengan barista yang terlatih. Walau bukan di barista yang bekerja secara profesional, terbukti dari beberapa home brewer mampu berbicara banyak di kompetisi lokal maupun nasional.


Alat-alat yang dimiliki Home Brewer

Beberapa alat yang sering dimiliki home brewer adalah grinder untuk menggiling kopi, scale untuk menimbang berat biji kopi, teko leher angsa atau gooseneck kettle biasanya untuk metode pour-over, server untuk menampung seduhan kopi, pemanas air ya untuk memanaskan air, termometer untuk mengukur panasnya air dan stoples sebagai wadah penyimpanan.


Ngopi di tempat ngopi memang lebih simpel, gak perlu repot-repot bikin, tinggal bayar bisa minum kopi sesuai selera tapi kan lama-lama bikin kantong jebol. Jadi home brewer bisa jadi pilihan walaupun kita juga perlu modal untuk membeli alat-alatnya.


komunitas home brewer


Komunitas Home Brewer

Home brewer punya komunitas juga lho, tersebar di beberapa platform. Sebagai contoh di facebook ada Home Brewers Indonesia yang mempunyai anggota grup lebih dari 10 ribu orang. Biasanya di setiap kota punya komunitasnya masing-masing meski tidak terlalu dikenal oleh banyak orang, karna kan semua orang belum tentu suka jadi home brewer, ada yang suka cuma nongki di kedai kopi, tipikal orang yang gak mau ribet.


Tantangan Para Brewer Pemula

Brewer pemula banyak banget challengenya diantaranya pemilihan biji kopi yang pas, ukuran grinder, rasio air yang pas, suhu air dan waktu penyeduhan yang balance dan wajib jaga kebersihan alat-alat terakhir harus sabar dan sering eksperimen.


festival home brewer


Festival dan Event untuk Home Brewer

Siapa bilang home brewer gak punya event atau festival? sebagai contoh di bulan Mei 2024 lalu, ada festival bernama Colombian Coffee Festival 2024 di Cilandak. Festival home brewer mungkin masih jarang diketahui oleh home brewer sendiri, kecuali event atau festival barista biasanya lebih kuat branding dan pasarnya.


Conslusion

Kesimpulannya, home brewer adalah seseorang yang terampil bereksperimen, menyeduh, menikmati kopi di rumah atau dimanapun tapi bukan di tempat ngopi, kopi yang dibuatnya pun dinikmati sendiri. Banyak tantangan bagi brewer yang baru memulai dan ada juga festival bagi home brewer. Pastikan miliki alat-alat yang benar dan sesuai kebutuhan. Walaupun home brewer tak sejago barista profesional, apa salahnya menjadi home brewer yang bisa lebih kreatif meracik resep kopi.

LihatTutupKomentar